Ini Sinyal yang Diberikan Tubuh Jika kita Kekurangan Protein!


Tubuh selalu memiliki sinyal tersendiri untuk mengingatkan Anda akan kebutuhannya. Sebelumnya, Anda mungkin sudah mengetahui beberapa arti dari sinyal tubuh seperti bersin, sendawa, menguap, ataupun cegukan.

Kini, saatnya Anda mengetahui apa yang diisyaratkan oleh tubuh saat kekurangan protein. Yuk, lihat ketujuh tandanya di bawah ini.


Lapar Terus

Sebentar-sebentar maunya makan. Padahal jika dilihat porsinya, Anda sudah makan cukup banyak. Nah, ini biasanya disebabkan Anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan gula, serta kurangnya asupan protein. Cobalah untuk mengurangi nasi dan menambah lauk yang mengandung protein saat makan,

Sering Alami Kram

Jika saat berolahraga Anda sering mengalami kram, nyeri, atau pun cidera otot, artinya tubuh kekurangan protein. Reaksi ini terjadi karena saat tubuh tidak bisa mengambil cadangan protein saat proses pembentukan otot. Akibatnya, Anda akan mengalami kram dan cidera.

Sulit Sembuh

Apakah Anda tipe orang yang lama sembuh saat sakit? Jika ya, mungkin ini disebabkan kurangnya asupan protein di dalam tubuh. Karena protein di dalam tubuh kurang, maka penyembuhan dan pembentukan sel tubuh pun akan bergerak secara lamban. Oleh karena itu, konsumsilah protein cukup agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

Masalah Rambut, Kulit, dan Kuku

Rambut rontok, kulit mengelupas, atau pun kuku yang rapuh menjadi salah satu sinyal tubuh saat kekurangan asupan protein. Hal ini disebabkan protein memiliki peran penting untuk mejaga kondisi rambut, kulit, dan kuku.

Penumpukkan Cairan

Edema atau penumpukkan cairan akan terjadi pada Anda yang kekurangan protein. Edema terjadi di luar sel sehingga tubuh akan mengalami pembengkakkan. Protein memiliki fungsi untuk menjaga jumlah cairan di dalam tubuh agar kondisi ini tak terjadi.

Sering Sakit

Sering sakit menjadi tanda bahwa Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk. Kondisi sel kekebalan tubuh ini sangat ditentukan oleh protein. Jadi, jika Anda kurang mengonsumsi protein, maka tak heran jika sistem imun tidak bekerja dengan baik dan Anda sering sakit.

Brain Fog

Brain fog merupakan istilah yang menggambarkan seseorang dengan kondisi ingatan yang buruk, kesulitan berkonsenterasi, kesulitan memelajari hal baru, serta kesulitan dalam menemukan atau mengingat kata yang sedang ingin diungkapkan. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi gula darah yang meningkat namun protein justru menurun.

Jadi, jika Anda menemui tanda-tanda di atas, sebaiknya kurangi konsumsi gula dan karbohidrat serta menggantinya dengan protein. Yuk, lebih peka pada sinyal tubuh!

Tag : Kesehatan
Back To Top