Sudah tau Belum Apa benda yang paling banyak kuman di dapurmu? Kamu pasti akan Terkejut!


Kuman memang selalu ada di sekitar kita, kehadiran kuman sendiri sebenarnya sangat mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan penyakit. Meskipun begitu, kuman memang tidak dapat 100 % dibasmi karena sifatnya yang dapat berkembang biak dengan cepat. Tanpa kita sadari pula terkadang kita sering bersentuhan dengan banyak permukaan benda setiap harinya yang ternyata diselimuti begitu banyak kuman.

Menurut sebuah penelitian mengatakan jika 90 persen tubuh manusia terdiri dari sel-sel kuman. Namun kabar baiknya adalah 60.000 jenis kuman yang kita sentuh setiap harinya, hanya 1 hingga 2 persen saja yang dianggap berbahaya bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang kuat alias lemah.


Terkadang kita menganggap rumah adalah tempat paling aman dan bersih daripada lingkungan luar, namun tahukah Anda ternyata sumber kuman terdapat didalam rumah Anda, yakni di dapur. Beberapa perabotan yang terdapat di dapur ternyata merupakan perabotan paling berkuman yang harus diwaspadai. Apa saja perabotan tersebut? Berikut 3 benda paling berkumah di rumah Anda, seperti dirangkum Sayangi dari berbagai sumber:

Gagang pintu kulkas

Tahukah Anda ternyata gagang pintu kulkas masuk kedalam kategori benda paling berkuman di dalam lingkungan rumah Anda. Tidak hanya gagang pintu kulkas saja, bahkan gagang pintu dapur pun memiliki jumlah kuman yang sama banyaknya. Hal tersebut dikarenakan banyak dari kita yang cenderung menyentuhnya setiap hari. Tidak jarang juga diantara kita seringkali menyentuh gagang pintu kulkas dengan tangan kotor untuk kemudian mengambil makanan dari dalam kulkas tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini akan menyebabkan Anda terkena penyakit diare.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk selalu rutin membersihkan gagang pintu dengan teratur menggunakan cairan pembersih. Selain itu biasakanlah mencuci tangan sebelum Anda membuka pintu kulkas dan mengambil makanan meskipun Anda merasa tangan Anda tidaklah kotor, karena kuman memang bersifat mikroskopis dan tidak terlihat.

Spons pencuci piring

Biasakan untuk selalu membersihkan spons pencuci piring Anda setelah digunakan. Spons pencuci piring memang memiliki peran penting dalam membersihkan cucian piring Anda. Namun tahukah Anda bahwa ternyata alat pembersih yang satu ini mengandung banyak sekali kuman.

Spons sendiri berperan aktif dalam men “transfer” kuman dari satu tempat ke tempat lainnya. Ketika kita selesai membersihkan piring kotor yang penuh lemak, maka spons akan menyerap lemak tersebut, namun bila kita tidak lantas membersihkan spons tersebut, maka spons yang kotor ini akan menjadi sarang baru bagi kuman untuk segera berkembang biak.

Biasakanlah untuk selalu membersihkan spons sehabis mencuci piring dengan detergen. Caranya adalah dengan meremas-remas spons tersebut sampai seluruh kotoran menghilang. Akan lebih baik untuk lalu menjemur sposn tersebut dibwah panas matahari agar terbebas dari jamur.

Talenan

Talenan kayu ternyata juga merupakan salah satu benda paling berkuman yang ada di dapur Anda. Jika Anda memakai talenan yang berbahan dasar kayu, maka berhati-hatilah. Talenan jenis ini merupakan sarang kuman yang dapat mengancam kesehatan keluarga Anda. Talenan kayu memang memiliki serat halus yang terkadang bisa membuat sisa bahan makanan yang dipotong dapat terselip.

Selain itu berbagai bahan makanan yang dipotong diatas talenan ini memungkinkan kuman dan bakteri akan mampir. Belum lagi bila Anda malas membersihkannya dengan benar. Talenan yang berbahan dasar kayu ini akan menjadi lembab dan memungkinkan tumbuhnya jamur dan juga memiliki bau yang tidak sedap.

Jadi pastikan untuk membersihkan talenan kayu Anda sehabis digunakan. Taburkan garam dan diamkan beberapa jam, lalu dilanjutkan dengan membersihkannya dengan cairan pencuci piring setelah itu keringkan dan sesekali jemurlah dibawah terik matahari agar tidak lembab.

Tag : Fakta
Back To Top