Sering Tidak Disadari Faktanya Berat Badan yang Turun Secara Mendadak Bisa jadi Pertanda kamu menderita Penyakit ini!!


Berat badan yang turun mendadak secara ekstrem dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Namun, banyak orang tidak menyadari bila penurunan berat badan mendadak bisa merugikan terhadap kesehatan. emoticon-Mewek

Berat Badan Turun Mendadak Bisa Berbahaya, Ini Sebabnya!

Ketika menurunkan berat badan, biasanya seseorang akan menjalankan diet ekstrem dan berolahraga berlebihan. Hal ini dapat menghasilkan penurunan berat badan yang drastis dengan cepat. emoticon-Wow

Namun, dalam beberapa kasus, penurunan berat badan mendadak dapat terjadi sebagai gejala dari penyakit tertentu. Berikut adalah mengapa penurunan berat badan mendadak bisa berbahaya, dikutip dari laman Boldsky.


Alasan Kenapa Penurunan Berat Badan Drastis Berbahaya

1. Malnutrisi

Ketika orang-orang membuat dirinya lapar untuk menurunkan berat badan dengan cepat, tubuh tidak mendapat cukup nutrisi. Hal ini bisa mengarah ke kondisi serius yang dikenal sebagai kekurangan gizi, bahkan sampai mengakibatkan kematian.

2. Sarcopenia

Sarcopenia adalah suatu kondisi, di mana jaringan otot mulai merana dan melemah, karena penurunan berat badan ekstrim. Hal ini karena tubuh memanfaatkan jaringan otot untuk menarik energi ketika tidak ada nutrisi yang cukup.

3. Kanker

Studi penelitian banyak yang mengklaim, beberapa jenis kanker dapat menyebabkan penurunan berat badan. Namun, penurunan berat badan yang ekstrem juga dapat menyebabkan kanker, karena merangsang multiplikasi sel abnormal.

4. Ulkus peptikum

Ketika Anda menderita ulkus peptikum atau luka pada lapisan lambung, maka akan mengalami penurunan berat badan mendadak. Kondisi ini perlu segera mendapat pengobatan medis.

5. Depresi

Berat badan turun mendadak juga dapat menimbulkan depresi banyak orang. Terutama mereka yang menahan lapar untuk menurunkan berat badan, karena memengaruhi kadar serotonin di otak.

6. Penyakit jantung

Ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah dan oksigen ke seluruh tubuh, maka berisiko menyebabkan penyakit jantung kongestif. Jadi, penurunan berat badan mendadak dapat melemahkan otot-otot jantung Anda yang mengarah ke gangguan ini.
Tag : Kesehatan
Back To Top